Kemampuan literasi
digital menjadi kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki di masa memasuki
revolusi industri 4.0. Kemampuan literasi digital ini sangat penting untuk
dimiliki oleh para mahasiswa atau para generasi milenial untuk memajukan negeri
ini kedepannya. Pada jaman ini perkembangan teknologi, komunikasi, dan
informasi sudah berkembang pesat, hampir semua kegiatan bisa kita lakukan di
dunia digital. Hal ini membuka kesempatan bagi para generasi milenial untuk
memulai berwirausaha digital. Apa itu usaha digital? Usaha digital ini adalah
sebuah usaha penjualan barang atau jasa yang dilakukan di media digital. Dimana
antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Jumlah wirausaha
digital semakin meningkat di masa sekarang ini, Pandemi Covid-19 menjadi salah
satu alasannya. Banyaknya karyawan yang di-PHK, adanya peraturan PSBB yang
membuat toko tidak bisa buka seperti hari normal, dan ketakutan orang-orang untuk
bertemu secara langsung.
Melihat
dari video Wirausaha Digital itu Keren! #1 dan #2 yang dibawakan oleh Prof. Dr.
Dedi Purwana E.S., M.Bus. dan Ir. IBM Jaya Martha, MM, CMPM pada channel
Youtube Dedi Purwana Channel. Untuk memprediksi bagaimana prospek wirausaha
digital ke depannya akan seperti apa, Prof Jaya melihat dari contoh bagaimana
Indoguna Utama dalam memanfaatkan teknologi digital yang ada. Dilihat dari
Indoguna sebagai distributor dengan pola bisnis food suppy chain management
atau manajemen rantai pasokan khusus makanan. Pola bisnis food supply chain
management sedikit berbeda dengan pola bisnis yang lainya, hal berbeda yang
perlu diperhatikan dari pola bisnis Indoguna food supply chain management
adalah adanya distribution network, dilihat dari Indoguna yang mempunyai
banyak cabang di Indonesia. Untuk mengatasi daya saingnya, Indoguna menggunakan
teknologi informasi yang canggih untuk mengolah pesanan dan memuaskan
pelanggannya karena banyaknya pesanan yang masuk.
Ada
sekitar 5 strategi bisnis yang diperlukan di era revolusi industri 4.0. atau
era digital ini, yaitu yang pertama adalah keunggulan kompetitif, hal ini
mengacu pada kepuasan pelanggan. Kedua omnichannel, yaitu bagaimana cara
untuk menghubungkan dunia offline ke online. Yang ketiga ada big
data, yaitu menggunakan SAP Business One yang sesuai untuk mengelola
dan mendukung transaksi bisnis dan membuat warehouse untuk mengambil
keputusan, dari operasional itu terbentuklah big data yang membantu
untuk memprediksi penjualan dan melihat para pesaing yang ada. Keempat ada cybersecurity,
yaitu untuk melindungi informasi bisnis perusahaan, hal ini sangat penting
karena di dunia digital ini semua terhubung satu sama lain sehingga resiko
kebocoran data atupun data yang terserang virus sangatlah tinggi sekali
sehingga cybersecurity sangat dibutuhkan untuk melindungi informasi
bisnis perusahaan. Dan yang kelima ada kapabilitas digital untuk mendukung
perusahaan masuk ke dalam dunia digital. Untuk mengontrol manajemen dengan
letak geografis yang saling berjauhan sangat diperlukan teknologi digital,
tanpa teknologi digital hal tersebut akan sangat lah sulit. Berkaitan dengan
beberapa hal terssebut maka perusahaan harus menguasai beberapa perangkat
lunak, seperti SAP Business One, Odoo, Sophos, dan lainnya.
Wirausaha
digital sangat memiliki banyak peluang dalam berbisnis. Dengan memanfaatkan
teknologi yang ada membuat kita mudah untuk mengakses apapun. Seperti misalnya
menjangkau orang-orang yang tadinya tidak dapat kita jangkau, hal ini berguna
untuk memasarkan produk yang kita jual. Biaya operasional dan biaya produksi
juga akan berkurang, kita tidak perlu untuk membayar sewa toko karena kita bisa
membuka toko kita di platform online hanya dengan menggunakan gadget dan
internet yang kita miliki. Kegiatan komunikasi dan monitoring juga akan sangat
mudah, dengan melalui internet kita dapat melakukan pertemuan kapan saja dan
dimana saja dengan aplikasi yang ada seperti Google Meet, Zoom, dan lainnya. Pesatnya
pertumbuhan digital juga akan membuka peluang untuk bisnis baru. Dengan segala
kelebihannya, wirausaha digital juga memiliki banyak tantangan. Seperti
misalnya dengan perkembangan teknologi ini membuat orang dengan mudah mendapat
yang mereka inginkan dengan praktis sehingga membuat minat masyarakat cepat
berubah. Teknologi yang canggih membuat dunia bisnis digital sangatlah luas,
hal ini membuat daya persaingan yang semakin tinggi. Dunia digital tidak
selalunya aman, jika kita tidak mengerti tentang cybersecurity maka bisa
saja akan terjadi kebocoran data yang akan merugikan atau bisa saja terserang
virus. Koneksi internet yang buruk juga menjadi tantangan bagi para wirausaha
digital, akan sangat merugikan jika toko online sedang ramai tetapi
jaringan internet kita sedang buruk, pesanan pelanggan akan lama diproses
sehingga pelanggan merasa kurang puas.
Adapun
beberapa kompetensi yang dibutuhkan oleh wirausaha dalam bidang ini. Yang
pertama adalah komunikasi, komunikasi sangat diperlukan karena wirausaha harus
menjelaskan idenya, promosi ke investor atau pelanggan, maka dari itu
keterampilan berkomunikasi baik pribadi maupun professional adalah kunci sukses
wirausahawan. Yang kedua ada kecerdasan finansial, seorang wirausahawan harus
pandai mengendalikan arus kas baik solopreneur, freelancer,
maupun bisnis besar. Yang ketiga ada merk atau brand, setiap
wirausahawan harus memiliki merk dan setiap wirausaha adalah merk.
Yang keempat ada marketing, wirausahawan harus memahami secara mendalam
berbagai disiplin ilmu pemasaran digital untuk mengoptimalkan search engine,
pemasaran medsos, pay per click, pemasaran konten dan pemasaran via
email. Yang kelima ada networking, makin luas jaringan tali silaturahmi
yang dibangun, makin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha. Yang keenam ada automation,
melakukan hal yang sama berulang kali akan mengurangi produktivitas wirausaha,
jika perangkat lunak bisa mengerjakan maka pelajari cara menggunakan atau
melakukan pendelegasian. Yang ketujuh ada design, ketika merancang sesuatu kita
harus menggabungkan antara fungsi dan desainnya, kedua hal tersebut harus
sama-sama diperhatikan agar lebih menarik pelanggan. Yang kedelapan ada
analisis, wirausaha harus belajar menganalisis karena ini merupakan hal yang
penting, sehebat apapun intuisi atau firasat yang ada tetap belajar lah
mengambil keputusan berdasarkan data yang ada. Yang kesembilan ada technical,
tidak semua wirausaha harus bisa dalam pemrograman, yang terpenting wirausaha
harus mempunyai dasarnya dan jangan sampai tidak peduli dengan IT. Dan yang
terakhir ada learning, online learning adalah salah satu
keterampilan penting di era digital yang akan membantu untuk meningkatkan
kinerja bisnis, kemampuan untuk belajar sendiri sangat penting dimiliki oleh
wirausahawan apalagi di jaman digital ini yang apapun sudag serba mudah berkat
teknologi yang ada.
Wirausaha
digital merupakan kegiatan yang cukup penting dijalankan, apalagi di masa
pandemi ini. Wirausaha digital memiliki cukup banyak manfaat. Seperti misalnya
kita dapat menjangkau pasar online yang sangat luas. Dengan jangkauan
pasar yang lebih luas maka kita akan mendapat keuntungan yang lebih tinggi. Dan
juga kita dapat dengan mudah untuk menemukan konsumen yang sesuai dengan target
usaha. Selain itu wirausaha digital juga lebih dinilai sebagai bisnis yang
lebih professional dibandingkan dengan wirausaha biasa. Dengan pesatnya
perkembangan wirausaha digital akan memungkinkan bahwa pelayanan di toko retail
semakin lama akan semakin berkurang atau bahkan hilang karena digantikan dengan
teknologi yang ada. Dari hal-hal tersebut, teknologi digital bukan berarti menghilangkan
kegiatan yang ada, tetapi justru teknologi digital ini akan membantu kita untuk
lebih mudah dalam segala kegiatan kita sehari-hari.
Sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih informasinya
BalasHapusartikelnya bagus dan sangat bermanfaat
BalasHapusBaca inii, wirausaha digital itu PENTING!!
BalasHapusMantap, artikel sangat bermanfaat
BalasHapusterus posting artikel menarik lainnya.
BalasHapus